Analisis Efektivitas Kinerja Ombudsman RI Perwakilan Jateng dalam Penanganan Dugaan Maladministrasi PPDB 2023

Main Article Content

Laga Sugiarto
Arif Hidayat
Raihan Muhammad
Bintang Rafli Ananta

Abstract

Pendidikan sebagai pilar utama pembangunan yang diamanatkan oleh Konstitusi, seringkali dihadapkan pada tantangan maladministrasi yang muncul akibat birokrasi yang lamban. Adapun kasus maladministrasi dalam PPDB Jateng 2023 menjadi fokus penelitian ini, yang bertujuan untuk mengeksplorasi peran ORI perwakilan Jawa Tengah dalam mengatasi permasalahan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis empiris dengan pendekatan studi kasus intrinsik, dengan menggunakan teori Administrative Burden Theory dan teori kualitas pelayanan. Hasil penelitian ini, menunjukkan efektivitas Ombudsman dalam menangani masalah maladministrasi. Adapun dari sisi analisis menggunakan Administrative Burden Theory mengungkapkan bahwa beban administrasi yang memengaruhi partisipasi masyarakat dalam melaporkan maladministrasi masih ditemukan. Di sisi lain, dalam dimensi kualitas pelayanan, ORI perwakilan Jateng mampu memenuhi 5 Dimensi Kualitas (Servqual) sebagai indikator Perceived Service, meskipun masih terdapat kendala dalam memenuhi Expected Service. Penelitian ini menghasilkan temuan mengenai komitmen Ombudsman dalam meningkatkan efektivitas kinerja dalam menangani dugaan maladministrasi PPDB Jateng 2023 meskipun tantangan komunikasi dan sosialisasi masih menjadi kelemahan utama. Implikasinya, penelitian ini menggambarkan upaya Ombudsman dalam menanggulangi maladministrasi, sekaligus menyoroti aspek-aspek yang perlu diperbaiki, khususnya dalam memitigasi beban administrasi dan meningkatkan komunikasi dengan masyarakat sebagai penerima manfaat dari pelayanan.

Article Details

How to Cite
Sugiarto, Laga, Arif Hidayat, Raihan Muhammad, and Bintang Rafli Ananta. 2024. “Analisis Efektivitas Kinerja Ombudsman RI Perwakilan Jateng Dalam Penanganan Dugaan Maladministrasi PPDB 2023”. JATISWARA 39 (1):95-109. https://doi.org/10.29303/jtsw.v39i1.603.
Section
Articles

References

Assyakurrohim, Dimas, Dewa Ikhram, Rusdy A Sirodj, and Muhammad Win Afgani. “Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3, no. 01 (December 21, 2022): 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951.

Bosson, Jennifer K., and William B. Swann Jr. “Self-Liking, Self-Competence, and the Quest for Self-Verification.” Personality and Social Psychology Bulletin 25, no. 10 (October 1999): 1230–41. https://doi.org/10.1177/0146167299258005.

Bozeman, Barry, and Mary K. Feeney. Rules and Red Tape: A Prism for Public Administration Theory and Research: A Prism for Public Administration Theory and Research. Routledge, 2014.

Burden, Barry C., David T. Canon, Kenneth R. Mayer, and Donald P. Moynihan. “The Effect of Administrative Burden on Bureaucratic Perception of Policies: Evidence from Election Administration.” Public Administration Review 72, no. 5 (August 2012): 741–51. https://doi.org/10.1111/j.1540-6210.2012.02600.x.

Dwiyanto, Agus. Teori Administrasi Publik Dan Penerapannya Di Indonesia. UGM PRESS, 2022.

Herd, Pamela, and Donald P. Moynihan. Administrative Burden: Policymaking by Other Means. Russell Sage Foundation, 2019.

M.H, Dr. Jonaedi Efendi, S.H.I., and Prof. Dr. Johnny Ibrahim M.Hum. S.H., S.E., M.M.,. Metode Penelitian Hukum: Normatif Dan Empiris. Prenada Media, 2018.

M.M, Dr. Anis Marjukah, S.E.,. KONSEP DASAR MANAJEMEN JASA. Cendikia Mulia Mandiri, 2023.

Moynihan, D., P. Herd, and H. Harvey. “Administrative Burden: Learning, Psychological, and Compliance Costs in Citizen-State Interactions.” Journal of Public Administration Research and Theory 25, no. 1 (February 27, 2014): 43–69. https://doi.org/10.1093/jopart/muu009.

Ningtyas, Trimurti. “NEW PUBLIC SERVICE : PELAYAN PUBLIK BERBASIS HUMANISTIK UNTUK KESUKSESAN REFORMASI BIROKRASI.” Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial 1, no. 1 (July 20, 2017). https://doi.org/10.25139/jmnegara.v1i1.283.

Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah. Wawancara dengan ORI Jawa Tengah, October 17, 2023.

Pattiro Semarang. Wawancara dengan Pattiro Semarang mengenai Kasus Maladministrasi, November 28, 2023.

Purbaya, Angling Adhitya. “Ombudsman Buka Posko Pengaduan PPDB Jateng 2023, Begini Cara Lapornya.” Detikcom, June 17, 2023. https://www.detik.com/jateng/berita/d-6777657/ombudsman-buka-posko-pengaduan-ppdb-jateng-2023-begini-cara-lapornya.

RI, Ombudsman. “Berita.” Ombudsman RI. Accessed 2023. https://ombudsman.go.id/news/index?tag=RCO.

Sawir, Muhammad. Birokrasi Pelayanan Publik Konsep, Teori, Dan Aplikasi. Deepublish, 2020.

Špaček, David, and Jiří Špalek. “Communication and Electronic Public Administration: Some Issues in the Context of the Czech System of Public Administration .” NISPAcee, 2007.

Sunaryati, Hartono, Budi Masthuri, Enni Rochmaeni, and Winarso. Panduan Investigasi Untuk Ombudsman Indonesia. Komisi Ombudsman Indonesia, 2003.

Transformasi Pelayanan Publik Indonesia, 2014.

Undang-Undang 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Undang-Undang RI Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia.

UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Zeithaml, Valarie A. Delivering Quality Service. Simon and Schuster, 2010.