Taubat Sebagai Penggugur Had Terhadap Pelaku Tindak Pidana Pencurian (Jarimah Sirqah) Perspektif Imam Al Nawawi

Main Article Content

Faira Aisyah
Nurdin Nurdin
Tri Amanatun Nadliroh

Abstract

Penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti mengenai perbedaan pendapat Imam al-Nawawi dikalangan ulama Al- SyÄfi’iyyah dalam menetapkan hukum penyebab gugurnya had karena alasan taubatnya pelaku tindak pidana pencurian. Peneliti berupaya untuk melakukan kajian dan analisis sejauh mana dalil hukum serta metode penalaran hukum yang digunakan oleh Imam al-Nawawi dalam menetapkan pendapatnya. Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan (libry research), menggunakan pendekatan normatif yuridis dengan sifat penelitian deskritif-analisis. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa gugurnya ḥad potong tangan karena taubat harus memenuhi syarat yaitu pencuri belum ditangkap penguasa dan ia memperbaiki diri. Dalil dan metode istinbÄá¹­ yang digunakan ImÄm al-NawawÄ« dalam menetapkan taubat sebagai penghapus ḥad tindak pidana pencurian mengacu pada QS. al-Maidah [5] ayat 38-39 dan QS. al-Maidah [5] ayat 33-34. ImÄm al-NawawÄ« menggunakan dalil hadis riwayat Imam Malik mengenai Zubair bin Awam meminta agar pencuri yang belum sampai kepada sultan untuk diberi ampunan. Mengikuti dalil-dalil yang digunakan ImÄm al-NawawÄ«, maka ImÄm al-NawawÄ« menggunakan metode ta’lÄ«lÄ« (penemuan illat hukum) melalui pendekatan qiyas yaitu menganalogikan kasus taubat pencuri dengan taubat pelaku begal dan pemberontak.


 

Article Details

How to Cite
Aisyah, Faira, Nurdin Nurdin, and Tri Amanatun Nadliroh. 2022. “Taubat Sebagai Penggugur Had Terhadap Pelaku Tindak Pidana Pencurian (Jarimah Sirqah) Perspektif Imam Al Nawawi”. JATISWARA 37 (1):78-92. https://doi.org/10.29303/jtsw.v37i1.367.
Section
Articles

References

Abdurrahman al-Juzairi. Al-Fiqh ‘Ala Al-Mazahib Al-Arba’Ah, (Terj: Saefudin Zuhri Dan Rasyid Satari), Jilid 6, Cet. 2,. Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2017.
Abi Bakar al-Qurthubi. Tafsir Al-Qurthubi, Juz. 6. Jakarta: Pustaka Azzam, 2009.
Abī Isḥāq al-Syāṭibī. Al-Muwāfaqāt Fī Uṣūl Al-Syarī’ah. Beirut: Dār Kutb al-‘Ilmiyyah, 2004.
Abū Zakariyyā Muḥyiddīn Yaḥyā. Ru’ūs Al-Masā’il Wa Tuhfah Tullāb Al-Faḍā’il. Kuwait: Dār al-Nawādir, 2010.
Abū Zakariyyā Muḥyiddīn Yaḥyā bin Syarf bin al-Muri bin al-Ḥasan bin al-Ḥusain bin Muḥammad bin Jumū’ah bin Ḥizam al-Nawawī al-Dimasyqī. Al-Ażkar Imām Nawawī, (Terj: M. Tarsi Hawi),. Bandung: Al-Ażkar Imām Nawawī, (Terj: M. Tarsi Hawi), 1984.
———. Al-Majmū’ Syarḥ Al-Muhażżab Li Al-Syīrāzī, Juz’ 22,. Jeddah: Maktabah al-Irsyād, 1970.
Abubakar Ali. “Rekonstruksi Posisi Pertobatan Dalam Hukum Pidana Islam.” Madani: Jurnal Kajian Keislaman 19, no. 1 (2015).
Ahmad bin Mushthafa al-Farran. Tafsir Al-Imam Al-Syafi’i, (Terj: Fedrian Hasmand, Dkk), Jilid 2,. Jakarta: Almahira, 2008.
Al-Dimasyqī, Abū Zakariyyā Muḥyiddīn Yaḥyā bin Syarf bin al-Muri bin al-Ḥasan bin al-Ḥusain bin Muḥammad bin Jumū’ah bin Ḥizam al-Nawawī. Minhāj Al-Ṭālibīn Wa ‘Umdah Al-Muftīn. Beirut: Dār al-Minhāj, 2005.
———. Rauḍah Al-Ṭālibīn Wa ‘Umdah Al-Muftīn, Juz’ 10. Beirut: al-Maktab al-Islāmī, 1991.
———. Riyāḍ Al-Ṣāliḥīn. Beirut: al-Maktab al-Islāmī, 1992.
———. Terjemah Al-Majmu’, (t. Terj), Jilid 30. Jakarta: Pustaka Azzam, n.d.
Al-Jauziyyah, Ibn Qayyim. Kunci Kebahagiaan, Terj: Abdul Hayyie Al-Kattani, Dkk. Jakarta: Akbar Media Eka Sarana, 2004.
Fauzi. Taori Hak, Harta, Istislahi Serta Aplikasinya Dalam Fikih Kontemporer. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2016.
Hubairah, Muḥammad bin. Ijmā’ Al-A’immah Al-Arba’ah Wa Ikhtilāfuhum, Juz’ 2,. Dār al-‘Ullā,’ 2009.
Ibn Jarir al-Thabari. Tafsir Al-Thabari, (t. Terj), Jilid 8,. Jakarta: Pustaka Azzam, n.d.
Ibn Māzah al-Bukhārī al-Ḥanafī. Al-Muhīṭ Al-Burhānī Fī Al-Fiqh Al-Nu’mānī Fiqh Al-Imām Abī Ḥanīfah, Juz 4. Beirut: Dār al-Kutb al-‘Ilmiyyah, 2004.
Ibn Qayyim al-Jauziyyah. Madarij Al-Salikin Baina Manazil Iyyaka Na’bud Wa Iyyaka Nasta’in, Juz.1. Mesir: Dar al-Hadis, 2005.
———. Zadul Maad: Bekal Perjalanan Akhirat, Terj: Masturi Irham Dkk. Jilid 7,. Jakarta: Griya Ilmu, 2016.
Ibn Rusyd. Bidāyah Al-Mujtahid Wa Nihāyah Al-Muqtaṣid, (Terj: Fuad Syaifudin Nur),. Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2016.
Ibn Taimiyah. Al-Fatāwā Al-Kubrā, Juz 3. Bairut: Dār al-Kutb al-‘Ilmiyyah, 1987.
———. Jāmi’ Al-Masā’il, (Taḥqīq: Abdurraḥmān Bin Ḥasan Bin Qā’ir), Juz 9. Mekkah: Dār Ālim al-Fawā’id, 1437.
Imām al-Māwardī. Al-Aḥkām Al-Sulṭāniyyah, (Terj: Khalifurrahman Fath & Fathurrahman). Jakarta: Qisthi Press, 2014.
Mardani. Hukum Pidana Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2019.
Muḥammad Ahmad al-‘Ishawi. Tafsir Ibn Mas’ud, (t. Terj),. Jakarta: Pustaka Azzam, 2004.
Muhammad Syukri Albani Nasution, Rahmat Hidayat Nasution. Filsafat Hukum Islam Dan Maqashid Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2020.
Muhammad Yusuf. Relasi Teks Dan Konteks: Mamahami Hadis-Hadis Kontradiktif Melalui Manhaj Imam Al-Syafi’i,. Yogyakarta: Indie Book Corner, 2020.
Rokhmadi. Hukum Pidana Islam. Semarang: Karya Abdi Jaya, 2015.
Wahbah al-Zuḥailī. Fiqh Al-Islāmī Wa Adillatuh, (Terj: Abdul Hayyie Al-Kattani, Dkk),. Jakarta: Gema Insani Press, 2011.
Abdul Somad. “Nilai-Nilai Maslahah Dalam Hukum Potong Tangan: Analisis Kritis Perspektif Hadis Ahkam.” Madani: Jurnal Kajian Keislaman 19, no. 1 (2015).
Abubakar Ali. “Rekonstruksi Posisi Pertobatan Dalam Hukum Pidana Islam.” Madani: Jurnal Kajian Keislaman 19, no. 1 (2015).
Mutowif, Ali Mutowif. “Gugurnya Had Jaramah Pencurian Sebab Taubat Perspektif Jamal Al-Banna.” Al-Jinayah: Jurnal Hukum Pidana Islam Vol. 1, no. No. 2 (2015).
Rizky Aulia. “Taubat Sebagai Penghapus Ḥad Tindak Pidana Pencurian (Studi Terhadap Pendapat Imam Al-Nawawi).” Media Syari’ah: Wahana Kajian Hukum Islam Dan Pranata Sosial 21, no. 1 (2020).